Pages

09 November 2011

museum wayang









Masih di seputar kawasan kota tua Batavia ketika kaki ini melangkah kesana awal tahun ini, ada terdapat beberapa museum yang mendiami areal ini diantaranya adalah museum wayang.. tertarik kah anda dengan wayang? Mari tanyakan kembali pada hati nurani masing-masing.. yang jelas wayang adalah salah satu warisan budaya nusantara yang patut disyukuri keberadaannya karena ada nilai-nilai atau pelajaran tertentu yang bisa diambil dari sejarah peradabannya serta makna dari alur cerita yang tersirat..

Tak hanya wayang yang terdapat di dalam, ada boneka unyil juga ternyata, boneka unyil muncul dan terkenal di stasiun TVRI yang diprakarsai oleh PFN Perusahaan Film Negara (Drs.Suyadi) yang terkenal memainkan peran sebagai Pak Raden pada tahun 1970, pada saat itu acara tayangan unyil sangat digemari dan diminati terutama oleh anak-anak, tokoh tokoh yang terkenal antara lain Pak Ogah, Ableh, Bu Bariah, Ucrit, Usro dll, museum ini mengkoleksi boneka unyil pada tahun 2001.

Wayang pun mengalami siklusnya sendiri hingga sampai pada fase bermunculnya wayang-wayang modern, tokoh-tokohnya bisa diambil dari perkembangan terkini yang menjadi daya tarik oleh masyarakat, begitu pula boneka-boneka yang kita jumpai di pasaran kini, apa yang sedang trend dan menjadi daya tarik baru begitu menjual untuk dibuatkan wujud bonekanya, lihat saja pada boneka Ipin Upin dan boneka Shaun the Sheep yang kini menghiasi pemandangan di berbagai pusat keramaian.

Unyil kuciiiiingg.. xixixi.. padahal kan unyil boneka..

#ditulis sambil maem roti unyil..

6 komentar:

Elsa mengatakan...

uapik e rek fotone
mak cling!!!!

aku sudah pernah kesana
tapi suuuuepi
jadi takut sendiri lihat wayang2 disitu

Baby Dija mengatakan...

suatu hari Dija mau jalan jalan ke sana Om

.:diah:. mengatakan...

saya juga pernah kesana, banyaakk bangett yaaa wayangnya tapi berasa gimanaaa gitu, sedikit horor lihat wayang2 gedenya :D

neng rara mengatakan...

assalamualikum...
wuiih..masih ingat tokoh unyil tersebut, sangat berkesan.
terimakasih, suatu saat sy mesti berkunjung ke tempat ini
salam

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

nice infonya gan

cara mengobati kanker usus secara alami mengatakan...

sukses selalu gan