Pages

09 November 2008

10 November






Menelusuri sejarah ditetapkannya tanggal 10 November menjadi Hari Pahlawan maka akan terkenang kembali kisah-kisah heroik dari para pahlawan nasional yang telah memperjuangkan kemerdekaan bagi bangsa ini. Begitu pula yang terjadi di kota Surabaya pada masa-masa penjajahan silam, dimana pekik merdeka yang khas dari Bung Tomo berhasil membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk menghunuskan bambu runcingnya dalam menghalau penjajah dari muka bumi tanah air tercinta. Sangat menarik melihat tempat-tempat bersejarah di kota ini, peninggalan-peninggalan itu masih menyisakan keutuhan nilai historis dalam wujud yang diabadikan. Seperti Tugu Pahlawan yang ada di kota Surabaya ini, melihat letaknya yang di pusat kota maka akan memudahkan orang untuk menemukannya. Selain berperan sebagai ikon sebuah kota, Tugu Pahlawan sepertinya bisa juga digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara tertentu karena menempati areal yang cukup luas termasuk juga wisata belanja kaki lima setiap minggu pagi atau dapat dimanfaatkan sebagai taman kota yang cukup menyenangkan untuk sekedar berkeliling di pagi atau sore hari.

Dan acara apakah yang diselenggarakan di Tugu Pahlawan pada 10 November ini, sulit atau memang kehabisan ide kah untuk menjadikan momen kepahlawanan agar lebih menjadi sesuatu yang lebih bermakna dan terasa bermanfaat daripada hanya sekedar membuat sebuah hiburan dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan mengambil resiko chaos karena mengumpulkan banyak orang...

Tetapi memang itulah yang terjadi, sebuah panggung akan menjadi hingar bingar di Tugu Pahlawan 10 November ini karena beberapa Band papan atas akan unjuk kebolehan.

ah, lagi-lagi hiburan yang dijadikan menu utama untuk memaknai nilai-nilai yang tersirat dari sebuah momen bersejarah yang pernah terjadi di negeri ini...

7 komentar:

theloebizz mengatakan...

pengen ke surabaya deh ;)

Enno mengatakan...

daripada gak dirayain, hayooo

hari Lazuardi mengatakan...

@ fini :
ya tinggal berangkat atuh :)

@ enno :
hah, dirayain...kayak ultah aje :)

nirmana mengatakan...

foto2nya cerah buanget eiiyy....foto kapan tuh? soalnya sekarang kan gi musim hujan, mendung terus pastinya

hari Lazuardi mengatakan...

@ nirmana :
masih ada panas tuh, musim hujannya belum sampai di Surabaya, itu foto 1 minggu sebelum hari pahlawan...

uNieQ mengatakan...

ketinggalan...

met hari pahlawan...:D

Elsa mengatakan...

Thanks sudah sharing tugu pahlawan. aku seriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing lewat situ, tapi gak pernah tahu gimana suasana di dalam kompleks tugu pahlawan. sejak di sekelilingnya di pagari tinggi, jadi gak kelihatan lagi.