Pages

06 Desember 2008

ampel







salah satu tujuan ziarah walisongo, dimana terdapat makam sunan ampel, pintu masuk lokasi makam berupa sebuah gang karena memang terletak di tengah pemukiman padat penduduk kota surabaya, sepanjang kiri kanan gang dipenuhi wisata belanja yang menjual segala pernak-pernik berbau tanah arab, mirip seperti beberapa sudut pasar tanah abang di jakarta, banyak komunitas keturunan arab disini tetapi dengan logat bahasa jawa yang kental karena mereka sudah ada sejak lama sekali.

suasana komplek pemakaman hampir tak pernah sepi oleh kunjungan para peziarah yang datang dari berbagai pelosok tanah air, bangunan masjid lama yang berupa kerangka kayu yang kokoh masih dipertahankan walau sudah direnovasi di beberapa bagian untuk perluasan menjadi bangunan baru, sebuah perpaduan arsitektur peninggalan sejarah yang mengagumkan dengan bangunan modern yang menyesuaikan daya tampung agar dapat dipergunakan oleh lebih banyak orang untuk beribadah.

15 komentar:

Simb Sal mengatakan...

Suasananya kelihatannya tenteram banget ya Mas....mudah mudahan Ziarah Kemakam Para Wali dapat membuat kita lebih Khusuk lagi untuk beribadah
Salam Kenal

Pilar mengatakan...

Sebelah mananya Surabaya nich om
hmm.. bener2 suasana yang nyaman dan tentram...

jadi pimgin kesana :D

dee mengatakan...

selain solat, berziarah, saya juga pasti nyempetin belanja mas heheee.. met weekend en met idul adha ya..

si dede jadul punya mengatakan...

mas hari, saya binun deh, ko banyak peziarah ke makam sunan ya.. blom ngerti esensinya..
ibu saya tiap bulan tuh kliling makan di jawa ma grup pengajian.

uNieQ mengatakan...

iya tul mas..dari tahun ketahun niyh tempat rame banged kunjungan wisata religi..

tp cc blom pernah kesana siyh hehehe

FLikZ mengatakan...

em...
mas hari lazuardi...

nama belakangnya kok sama dengan guru saya.....

TOMI LAZUARDI..probolinggo

sodara ya mas???

gerrilya mengatakan...

saya pernah ke makam sunan kalijaga di kadilangu...ramenya nggak ketulungan...

Meidy mengatakan...

Wah, saya yang di Sby malah blom pernah kesana... kebangetan ya.. :l( kbrnya org2 yg pulang haji beli oleh2nya di ampel ini.. ktnya brgnya sama saja, hehehe..

hari Lazuardi mengatakan...

@ Simb Sal :
Iyah tentram dan lebih khusuk, salam kenal juga :)

@ Pilar :
dekat jembatan merah, downtown city…

@ dee :
Belanje-belanje…wah itu memang mengasyikkan dee :)

@ si dede :
sama atuh neng, aku juga binun…

@ uNieQ :
Apalagi kalau pas hari-hari tertentu, tambah rame dan full manusia…

@ FLikZ :
Sepertinya bukan, hanya saja sama namanya…

@ gerrilya :
tulung..tulung… rame juga ya disana :)

@ Meidy :
oleh2 haji, ya betul sekali...

ayu ambarsari mengatakan...

mas, saya suka ma daerah pasar nya, eh wisata belanja yah namanya :p

bagus ya mas, mirip yang dipake ayat2 cinta syuting hehe..

hari Lazuardi mengatakan...

@ ayu :
iyah belanje disana serasa dimana gituh, arab banged, hehe...

namaku wendy mengatakan...

kalu..wisata kulinernya dsana apaan mbah? kan kalo hbs jalan2 ntu laper kan pastinya hehehe:D

hari Lazuardi mengatakan...

@ wendy :
iku loh mbah putri, rawon, krengsengan,lontong balap,tahu campur dan es degan serta es blewah :D

bunda mengatakan...

yang pasti seperti tampak di fotonya mas harry ada lorong yang menjajakan berbagai oleh2 yang ramainya mirip di pasar seng Mekah. kalau orang pergi haji makanya cukup belanja di ampel. barang2nya banyak yang sama kok

hari Lazuardi mengatakan...

@ bunda :
iya bun, daripada berat-berat dan repot-repot, barangnya sama percis :)