Pages

08 September 2009

kerak teyoy




krenyes-krenyes..
dengan sentuhan akhir pada taburan bawang goreng di atasnya
aroma sedikit gosong bau bakaran seperti kerak pada umumnya
kriuk-kriuk di lingkaran pinggirnya..

rasa yang sama dari jaman bahela
karena dibuat dari bahan yang sama..

dari dulu kerak telor..
ya..
kerak telor..

tinggal pilih
mau pakai telor ayam apa telor bebek
sama-sama telor..
dilarang saling mendahului ketika bertelur..
juga tanpa perdebatan mengenai telur dulu atau ayam dulu
sementara bebek menyalip dari kiri..

bukan pizza
juga bukan martabak..
apalagi spagetti..

disitu ada kriyaan
disitu ia dikrubungi..

Jakarta Fair, betawi dan ondel-ondel

kali ini di Kemang Festival beberapa waktu lalu..

12 komentar:

si dede jadul punya mengatakan...

suka wangi sangrai kelapanya itu aja mas. telornya enggak ;D

Elsa mengatakan...

aku belom pernah maem itu....
hiks

Henny Y.Caprestya mengatakan...

enak banget..jadi pengen beli lagi deh. tapi di linggau dan palembang udah jarang ketemu penjualnya. sama satu lagi nih jajanan mie tek-tek..hmm..enak!

zujoe mengatakan...

btw keyak teyoy ntu enak ya mas??? ga pernah ngerasain soale, cuma ngerasain kerak nasi doank yang angus dan baunya sangit ntu, ga enak pait...

Newsoul mengatakan...

Kelihatan maknyus tuh, gurih dan krenyes-krenyes ya. Jadi tambah berkesan deh lapar hari ini, hehe. Cuma di Palembang gak ada yang jual mas. Kirim dong..... (harus tanggung jawab lho sudah bikin saya ngiler, hehehe.)

richamoody mengatakan...

jadi pengen nyoba soale...klo sini gak ada nyang namanya kerak telor!

masnya kirimin satu dung,..hu..hu

siwi mengatakan...

Aku baru makan sekali waktu ada PRJ karena katanya belum sah jadi warga jakarta kalo belum makan kerak telor heheDan rasanya ehm.. lumayan :D

Tisti Rabbani mengatakan...

duuh, inget jaman kecil dulu...kalo liat kerak telor..mmmm...

hari Lazuardi mengatakan...

to dede :
masak sih ga suka teyoy, pan endaaaang gurindang..

to elsa :
kalau membayangkan sudah kan, hehe..

to henny :
jangankan di palembang, di tempat asalnya aja adanya pada tempat-tempat tertentu hen, tentative pula..

to zujoe :
gosong-gosong crispy gitu joe..
beda tipis ama kerak nasi kucing, whehehe..

to mba elly :
sampai palembang kerak telornya dah dingin dan pucat tuh mba..

:)

to richie :
satu gerobak chie..sama abang2nya sekalian..mau???

to siWi :
habis maem dapet sertipikat juga ga wi..
hehe..

to mba tisti :
jajanan waktu kecil ya mba..
sangat mengasyikkan ketika menunggu sambil melihat proses pembuatannya..

Neng Rara mengatakan...

assalamualaikum,
keyak teyoy...he..he..judul yang menggoda. begitupun makanannya. sayang generasi sekarang hampir melupakan makanan tradisional seperti itu ya bang?
wassalam

namaku wendy mengatakan...

kerak teyoy a[anya kerak telor yah?! *pura-pura bego'*
waktu maen ke jakarta susah bener nyarinya, langka gitu tapi oom di semarang sini, di simpang lima wehhh jentrek-jentrek angkringane iku. jangan-jangan tar jadi makanan khas semarang iku ora betawi maneh kekeke

hari Lazuardi mengatakan...

to neng rara :
Wa’alaikum Salam..
kalah pamor ama pizza kayaknya..
secara isinya juga beda kasta..
tapi biar cuma dari telor, makanan ini merupakan warisan kuliner nusantara yang harus dilestarikan..

to wendy :
kalau di klaim ama cemarang ntar tak bilangin ondel-ondel loh.. hehe..
jentrek2 iku opo toh..